Tahapan Pembuatan :
Mengerti permasalahan yang akan
diselesaikan. Simbol-simbol Flowchart
Input layout
Proses-proses Output layout
• Menganalisa penyelesaian masalah.
• Membuat algoritma dan flowchart.
• Menulis program.
• Melakukan testing program selesai.
• Membuat dokumentasi
Algoritma
Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah gambaran langkah-langkah
dari penyelesaian suatu masalah.
• Problem = langkah-langkah penyelesaian.
Algoritma adalah blueprint dari program.
Sebaiknya disusun sebelum membuat
program.
Kriteria suatu algoritma:
– Complete
– Precise
– Finite
Contoh Algoritma 1
Mengirim surat kepada teman:
1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat.
3. Masukkan surat ke dalam sampul.
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka
tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian
tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel perangko pada surat.
8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.
Flowchart :
Bagan-bagan yang mempunyai arus yang
menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu
masalah.
Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
Ada 2 macam Flowchart :
– System Flowchart - urutan proses dalam system
dengan menunjukkan alat media input, output serta
jenis media penyimpanan dalam proses
pengolahan data.
– Program Flowchart - urutan instruksi yang
digambarkan dengan symbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.







0 comments:
Post a Comment